MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
SISTEM FILTRASI

Membangun suatu  sistem  filtrasi kolam koi yang baik bisa menghabiskan dana yang sama atau bahkan lebih banyak dibandingkan biaya membangun kolam itu sendiri.

Pada umumnya  dikenal dua sistem instalasi dasar dalam membangun sistem filtrasi kolam koi, yaitu sistem instalasi dengan menggunakan pompa dan sistem instalasi dangan menggunakan gaya gravitasi (Gambar 2)

Gambar 1. Instalasi filter dengan pompa

Pada gambar 1, air "ditarik" dari kolam dengan menggunakan sebuah  pompa kedalam sistem filter. Selanjutnya air dikembalikan ke kolam secara gravitasi.  Sedangkan pada gambar 2.  Air masuk kedalam sistem filter secara gravitasi, kemudian dikembalikan ke dalam kalam dengan bantuan sebuah pompa.

Gambar 2. Instalasi filter dengan gaya gravitasi

Mengenai sistem filternya sendiri silahkan merefer ke pembahasan tentang filter, di bagian Filter. Gambar 3 menunjukkan improvisasi konstruksi filter secara gravitasi yang dibuat dengan menggunakan bahan fiber.  Gambar 3  kiri merupakan konstruksi konvensional, sedangkan Gambar 3 kanan, merupakan  konsruksi yang dilengkapi dengan ruang vortex.

Gambar 3.  Improvisasi filter kolam

(bersambung)

MENU KOI
Hama dan Penyakit

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com