Best viewed with

 

 

Info Luo Han

Koleksi Hobiis

 

KOMPOSISI PAKAN LOUHAN YANG BAIK.

oleh: Chingmix

Begitu banyak pakan ikan louhan yang beredar di pasar saat ini dengan menawarkan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Begitu banyaknya penwaran ini terkadang malah membuat louhanmania menjadi bingung mana yang mesti dibeli dan baik untuk louhan kesayangannya. Belum lagi adanya strategi pemasaran dari produsen pakan tersebut yang melakukan diferensiasi produk dengan cara memecah-mecah fungsi dari pakan tersebut. Ada yang untuk merangsang warna, mutiara dan nongnong kepala,namun ada juga yg menwarkan two in one rangsang warna dan mutiara dan ada juga yang menawarkan three in one rangsang warna, mutiara dan juga nongnong.

Lalu bagaimana kita menentukan sikap dan memutuskan suatu sikap untuk membeli suatu pakan yang tepat untuk Louhan kesayangan kita ? Penulis berusaha membahas permasalahan tersebut secara sederhana berdasarkan klasifikasi ikan.

Berdasarkan makanannya , saat ini dikenal ada 4 kelompok ikan, yaitu : karnivora , herbivora, omnivora dan limnivora.

  1. Karnivore secara alami sebagai predator dan pemakan ikan yang lebih kecil,serangga, larva serangga dan udang-udangan. Ikan ini memiliki kantung makan yang besar dan alat pencernaan yang pendek. Dalam akuarium ikan jenis ini dapat diberi pakan hidup atau pakan buatan. 

  2. Herbivora adalah pemakan tumbuhan/sayuran,buah dan ganggang. Ikan ini memiliki alat pencernaan yang panjang dan suka makan beberapa kali. Di akuarium ikan jenis ini dapat diberi pakan buatan,sayuran dan tumbuhan

  3. Diantara kedua jenis ikan tersebut diatas ada ikan yang dapat makan sayuran dan juga daging, yaitu yang disebut omnivora. Ikan ini di alam memakan berbagai jenis makanan yang tersedia seperti ikan yang lebih kecil,serangga, larva serangga,udang-udangan,ganging,sayuran dan buah.Di akuarium ikan ini dapat diberi pakan hidup atau pakan buatan dan sayuran.

  4. Limnivore atau dikenal juga sebagai ikan pemakan Lumpur. Di alam pemakan ganggang dan microorganisme yang ada dihabitatnya.Ikan jenis memiliki kantung makan yang kecil dan makan dalam frekwensi yang sering serta memiliki alat pencernaan yang panjang. Di akuarium ikan jenis ini dapat diberi pakan buatan ataupun ganggang.

Dari keempat jenis ikan tersebuit diatas komposisi kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh masing-masing jenis ikan tersebut berbeda-beda persentasenya. Perinciannya adalah sebagai berikut :

Kandungan  Karnivora  Omnivora  Herbivora  Limnivora
Lemak/Fat  3-6%  2-5% 1-3%  2-4%
Serat/Fiber  2-4%  3-8%  2-6% 5-10%
Protein  45-70% 30-40% 30-40%   15-30%
Moisture/air  6-10% 6-10% 6-10%   6-10%

Louhan adalah ikan cichlid dan termasuk dalam kategori ikan karnivora, karena itu berdasarkan table diatas, maka pakan ikan Louhan yang baik adalah harus memenuhi ketentuan table diatas, yaitu kandungan lemak/fat-nya harus antara 3-6%, Serat/Fiber antara 2-4%, dan kandungan Protein-nya antara 45-70% ,sedangkan untuk kandungan moisturenya semakin rendah semakin baik.

Dari kandungan tersebut diatas, ada dua kandungan yang harus diperhatikan dengan seksama, yaitu kandungan serat dan abu/ash.Serat/fiber adalah bahan yang sukar dicerna, oleh karena itu semakin rendah kandungan serat/fibernya akan semakin baik sehingga si ikan tidak harus bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut.Jika ada pakan yang kandungan seratnya lebih dari 4% sebaiknya dipikir ulang untuk membelinya. Serat/fiber ini bukan Cuma untuk ikan sukar dicerna, bahkan untuk manusia juga demikian. Oleh karena itu dianjurkan demi kesehatan kita sehabis mengkonsumsi makanan berserat tinggi untuk minum air paling sedikit dua liter air guna membantu pencernaan kita dalam mencerna makanan tsb. Ikan air tawar relatif tidak minum dalam hidupnya. Oleh karena itu bisa dibayangkan betapa “kerja kerasnya” si ikan tsb jika pakan yang diberikan kandungan serat/fibernya tinggi. Kandungan lainnya yang perlu diperhatikan adalah ash/abu. Kandungan ini sebenarnya adalah “sampah” dan tidak ada manfaatnya serta sukar dicerna pula. Oleh karena itu semakin rendah semakin baik.

Sekarang penulis coba bawa para pembaca memahami zat additive yang sering ditambahkan pada pakan buatan.

1. Vitamin dan mineral.
Pada dasarnya ada sekitar 15 jenis vitamins yang dibutuhkan oleh ikan,tetapi tidak semua jenis ikan membutuhkan kelima belas jenis vitamin tersebut.Perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Dari vitamin-vitamin tersebut yang sangat penting adalah vitamin C dan D.Pengetahuan manusia tentang kebutuhan vitamin bagi ikan masih sangat sedikit sampai saat ini.Vitamin ini dibutuhkan ikan untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatannya.Demikian juga halnya dengan mineral. Mungkin dilain kesempatan penulis akan coba uraikan satu persatu tentang fungsi dari vitamin dan mineral.Yang ingin penulis sampaikan disini dalam hal vitamin adalah bahwa banyak sekali para LouhanMania yang suka membuat pakan sendiri dan karena kebingungan mencari vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ikan , maka digunakanlah vitamin untuk anak dan calcium untuk ibu hamil. Sebaiknya jika anda melakukan ini sejak saat ini dihentikan, karena vitamin untuk manusia berbeda dengan vitamin untuk hewan, terutama jenis vitamin D.


2. Colour Enhancer dan Head Huncher
Para LouhanMania terobsesi untuk melihat ikan kesayangannya memperlihatkan keindahannya berdasarkan persepsi yang dimiliki. Oleh karena itu berbagai cara dilakukan dan terkadang bisa membuat geleng-geleng kepala jika kita melihat perlakukan yang mereka lakukan terhadap ikan kesayangan mereka. Sampai-sampai ada joke : “Jika Louhan diberi bunglon bisa memiliki kemampuan seperti bunglon, maka pastilah bunglon akan diburu habis untuk pakan Louhan supaya kemampuan metamorfosenya pindah ke Louhan.” 
Keindahan Louhan diantaranya adalah diukur dari kecemerlangan dan keindahan warna/mutiara yang ditampilkan dan juga kebesaran jenong kepalanya. Untuk mencapai ini banyak hal dilakukan oleh para LouhanMania. Oleh karena itu pakan-pakan buatan yang menawarkan peningktan ketiga hal tersebut sangat laku dipasaran.

a. Colour Enhancer
Berdasarkan literature yang banyak penulis baca, peningkatan warna pada ikan hias dapat dilakukan dengan cara yang benar dan juga dapat dilakukan dengan cara yang “tidak benar” . Yang ingin penulis sampaikan adalah cara meningkatkan warna Louhan dengan cara yang benar dan “Manusiawi”. Pada dasarnya ikan jenis karnivore tidak dapat mensintesa karoten ,karena itu harus disuplai dari pakan yang diberikan.Sejauh ini telah dapat diidentifikasi kurang lebih 600 jenis pigmen warna yang ada di alam,terutama dari ganggang.Sejauh ini ganggang yang mengandung pigmen warna tertinggi yang telah diketahui adalah ganggang Haemotococus Pluvialis. Ganggang ini menghasilkan pigmen warna merah,orange dan kuning. Disamping itu juga ada spirulina yang mengandung pigmen warna hijau dan biru. Ada banyak pakan alami yang mengandung pigmen warna seperti udang, kepiting, lobster, dan juga ikan salmon. Sedangkan untuk tanaman yang banyak mengandung pigmen warna ada wortel, paprika, kangkung, bayam , daun lamtoro dan banyak lagi lainnya. Perlu diingat bahwa pakan alami yang mengandung pigmen warna tidak 100% aman dikonsumsi oleh ikan. Disamping kandungan pigmen warna yang dibutuhkan , di pakan alami tersebut juga ada zat-zat tertentu yang cukup berbahaya bagi ikan, karena itu kita harus berhati-hati dalam mengolah pakan alami tersebut sebelum diberikan kepada ikan kesayangan kita.Sebagai contoh daun lamtoro memang mengandung pigmen warna dan harganya sangat murah bahkan bisa gratis mudah didapatkan tapi di daun lamtoro ada kandungan zat racun yang disebut mimosin yang pada ikan dapat mengakibatkan pertumbuhan ikan terhambat. Di kepala udang ada kandungan zat beracun yang disebut kitin.

b. Head Huncher
Louhan identik dengan kepala yang nongnong besar. Ada sebagian hobies yang akan kecewa berat jika Louhan kesayangannya tidak bisa jenong. Sehingga segala cara dilakukan oleh hobies agar Louhan kesayangannya menjadi jenong. Mengenai jenong kepala louhan ini sampai saat ini masih menjadi misteri karena penelitian atas jenong louhan ini masih terbatas dan banyak dirahasiakan. Berdasarkan pendekatan empiris dan pengalaman para Hobies, diyakini bahwa jenong kepala Louhan ini berisi lemak dan protein sebagai cadangan makanan. Ada juga yang percaya bahwa Jenong ini sebagai “senjata”, karena itu ada metode “cermin” untuk meningkatkan jenong louhan. Berdasarkan pengalaman dan percobaan yang penulis lakukan dengan pakan yang penulis buat sendiri,dapat ditarik kesimpulan bahwa protein, lemak dan calcium serta beberapa zat lain dapat merangsang pertumbuhan jenong kepala. Dari hasil percobaan pemberian pakan yang penulis buat, jenong kepala Louhan dapat meningkat secara bertahap dalam waktu 2 s/d 10 minggu tergantung dari ikannya. Texas milik penulis yang tadinya sama sekali tidak ada bakalan nongnong setelah pemberian pakan yang penulis buat selama 10 minggu mulai menampakan jenongnya dan makin membesar sekarang.Penulis saat ini sedang melakukan percobaan lagi terhadap ikan jenis fire hawk dan Kamfa. Hasilnya akan penulis ceritakan dalam tulisan mendatang.

Kesimpulan.
Berdasarkan uraian singkat diatas, dapat kita simpulkan bahwa komposisi pakan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Louhan sebagai ikan karnivora adalah : Kandungan Protein antara 45-70%, kandungan serat/fibernya antara 2-4%, kandungan lemaknya antara 3-6% serta mengandung protein dan mineral yang dibutuhkan oleh ikan. Colour enhancer dan head huncher yang digunakan sebaiknya adalah zat yang aman dan tidak membahayakan ikan. Lebih baik menghindarkan pemakaian pakan yang mengandung hormon perangsang. Sehubungan serat/fiber tidak dapat dicerna oleh ikan semakin rendah kandungannya semakin baik, lebih baik menghindarkan pakan yang mengandung serat/fiber lebih dari 4%.

Demikian yang dapat penulis uraikan semoga bermanfaat bagi para pembaca,akhir kata penulis ingin sampaikan :”Buat apa bernafsu meningkatkan performance ikan dalam waktu singkat jika itu harus dibayar dengan hilangnya ikan kesayangan kita.Lebih baik sesuai waktunya dan bisa kita nikmati selama mungkin keindahan Tuhan yang diberikan melalui keindahan Louhan ini.”