Info Luo Han - Cupang Hias - Pojok Koi - Arwana - Diskus - Akuarium Laut- Koleksi Hobiis - Info Perundangan - Info Karantina - Forum Diskusi - Maskoki

  

  

 

      

 

  

Membedakan Jenis Louhan

oleh: McGyver

 

Note : Informasi ini adalah hasil pengumpulan dari berbagai sumber dan tidak bersifat komersial, mohon maaf apabila ada pengambilan gambar ikan tanpa seijin pemilik
Last Update : 17 June 2003

Secara jujur Louhan memang banyak dibenci oleh pengemar sejati cichlid, mereka merasa bahwa ini adalah pengrusakan terhadap genetika suatu mahluk hidup. Tapi bagaimana juga kita sebagai manusia selalu ingin mengetahui/meneliti dan mengembangkan hal-hal yang baru.
 Menurut saya apapun jenis cichlid yang di cross-breed/kawinsilang dapat dinamakan louhan (karena nama inilah yang mempopulerkan ikan hasil silangan tersebut), walau sebagian pendapat mengatakan chinghwa/kamfa bukan louhan. Mungkin terjadi salah kaprah tentang istilah. Tapi apapun istilahnya semua adalah sama, pada intinya memberi nama panggilan pada ikan hasil persilangan.
 Louhan-louhan yang ada dipasaran pada umumnya :
 
Cencu/Zenzhu/Mutiara/Pearl Louhan
Jenis :Jenis ini dibagi jadi dua tipe lagi, Klasik dan Modern
·Klasik , cirinya mutiara tidak terlalu dominan, keunggulan pada warna merah yang dominan dan cerah, sebagian besar mempunyai bodi yang eklipse, agak membulat, kepala umumnya bone head (jenong struktur tulang) ini berarti jenong tidak terlalu besar, tapi ini kembali dari moyangnya. Karena seperti anda ketahui lohan dikembangkan oleh ratusan breeder dengan rahasia masing-masing. Kelebihan tipe klasik adalah ukuran yang lebih besar dibanding tipe modern. Sirip tidak mudah layu. Saya disini tidak menulis nama-nama jenis ini karena sangat banyak dan membingungkan bahkan menurut saya “keterlaluan” 

Salah satu contoh louhan klasik, mutiara tidak dominan. Ukuran ikan digambar adalah 12 cm.

Salah satu tipe paling favorit ketika louhan pertama kali muncul

Modern, cirinya mutiara sangat dominan, sampai ke pipi, bahkan ke jenong (kualitas tinggi). Badan umumnya persegi, jenong sudah muncul ketika ukuran 10cm++. Tipe jenong biasanya adalah Water Head, disebut water head karena banyak unsur air pada jenongnya. Sangat mudah mengempis bila kondisi tidak sesuai. Mutiara pada jenis modern sudah tampak pada ikan ukuran 3cm. Jadi sangat mudah menentukan jenis klasik atau modern apabila anda ingin membeli anakan louhan. 

Apapun nama yang ditawarkan oleh penjual louhan, bila anda menemukan jenis louhan dengan mutiara yang menyebar ke seluruh badan, ini adalah Louhan Cencu/Pearl



Sirip
Umumnya sirip Cencu adalah lunak, keindahan sirip ini akan semakin tampak bila semaking panjang dan agak lebar. Semakin tua seekor cencu maka siripnya akan sedikit kuncup, seperti betta fish (cupang).

Head Marking :
Karena moyang utama dari louhan cencu adalah amp. trimaculatus, maka dipastikan harus memiliki marking pada bagian kepala. Hati-hati dengan penjual louhan yang belum diketahui reliabilitasnya, apalagi anda membeli louhan pada ukuran 3 cm, jangan-jangan anda malah membeli red devil (karena pada ukuran 3cm, ada beberapa jenis cichlid yang mempunyai model yang mirip, yakni marking badan dan struktur tubuh).

Body Marking :
Grade A,B,C, sistem grade berdasarkan garis marking dari bodi, grade A marking sampai pipi, B, marking setengah badan, C, marking hanya 1 atau 2 di bagian badan. Hati-hati memilih anakan louhan berdasarkan marking, bisa saja marking itu hilang pada saat louhan dewasa, namun ada patokan pasti untuk memilih anakan louhan dengan marking yang pasti. Pilihlah anakan dengan marking yang dikelilingi oleh mutiara berwarna mengkilap silver. Marking ini tidak akah hilang walau ikan sudah dewasa.

Male/Female :
Menentukan kelamin dari jenis ini gampang-gampang susah. Cara mudahnya, lihat sirip bagian atas, apabila ada spot hitam pada siripnya maka itu adalah betina (moyang amp. trimaculatus), tapi hal ini tidak berlaku untuk cencu jenis double grade (marking ganda) dan pada chinghwa, karena hasil cross breed yang berbeda.
Cara lainnya adalah melihat kelamin (venting), tapi karena venting ini mengandung resiko tinggi, anda cukup memperhatikan tidak perlu mengambil ikan dari akuarium. Kelamin pada ikan jantan biasanya menonjol lancip, kemudian pada pangkal kelamin menyempit. Sedangkan pada betina kebalikannya, kelamin agak lebar dan tonjolan tidak terlalu kelihatan.
 Cara lainnya, ingat cara ini hanya berlaku pada jenis louhan cencu. Cara ini bisa diterapkan untuk memilih anakan pada ukuran 3cm sekalipun, tapi anda harus benar-benar jeli. Amati bagian mulut bawah sampai bagian perut dengan insang, cencu jantan biasanya mempunyai lekukan menonjol dibagian perbatasan perut dengan mulut bagian bawah, kalau saya menyebutnya ‘jakun’. Kalau ditarik garis, maka bisa disebut seperti ini, lurus-menekuk-lurus. Pada betina cencu biasanya tanpa lekukan ini. 
Moyang :
Beberapa jenis cichlid ini adalah moyang dari cencu.

Sangat mirip dengan cencu klasik Cichlid yang cantik!
Herichtys Cyanoguttatum, mutiara yang dominan Non color Citrinellum
 

 

Artikel ini merupakan halaman 1 dari aritkel  selengkapnya. Untuk mendapatkan artikel lengkap silahkan klik Download Artikel (pdf 1.7 mb)