Best viewed with

 

Info Luo Han - Cupang Hias - Pojok Koi - Arwana - Diskus - Akuarium Laut- Koleksi Hobiis - Info Perundangan - Info Karantina - Forum Diskusi

Kualitas Air

Hama/Penyakit

Filter

Akuarium/Tank

Direktori Ikan

Direktori Tanaman Air

Pakan Ikan

Aquascaping

Berbagai Masalah dan Pemecahannya

O-Fish Home

Hiu Spesies Baru

Agaknya belum banyak orang mengetahui bahwa perairan Indonesia memiliki ratusan spesies hiu. Menariknya, 15 di antaranya merupakan spesies terbaru, bahkan belum tercatat pada referensi ilmu pengetahuan. Tersingkapnya kekayaan laut Indonesia ini berkat penelitian tentang ikan hiu dan pari yang dilakukan peneliti Indonesia dan Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR). Penelitian yang berlangsung sejak 2001 itu mengidentifikasi 128 spesies hiu di perairan Indonesia. "Semua spesies baru itu kini telah dimasukkan ke dalam koleksi referensi yang mencatat data-data biologi dan lokasi penemuannya. Data itu kini membantu dalam meneliti tingkat perkembangan dan reproduksinya," jelas Johannes Widodo, salah seorang peneliti Indonesia pada riset tersebut.
Ikan pemangsa yang ganas itu sangat peka terhadap bau darah. Hiu tumbuh dan menjadi dewasa dengan lambat. Mereka juga hanya mampu menghasilkan keturunan dalam jumlah sedikit selama hidupnya. "Hal ini membuat ikan hiu rentan terhadap overfishing."

Untuk membuktikan klaim penemuan itu, Widodo memotret ikan hiu yang berhasil ditangkap, lalu memuatnya dalam poster khusus. Dalam poster itu tampak bahwa ikan hiu itu berasal dari spesies carcharhinidae, hexanchidae, scyliorhinidae, squantinidae, orectolobidae, stegostomatidae, ginglymostomatidae, hemigaleidae, spyhrynidae, psedocarchariidae, lamnidae, triakidae, squalidae, dan alopiidae. Dari foto-foto itu, banyak yang tampilan fisiknya aneh, seperti coral catshark yang di sekujur tubuhnya terdapat bintik hitam-putih; spotted wobbegong yang berkepala mirip sebongkah batu; atau zebra shark yang penampilan mukanya mirip kucing.

Menurut Widodo, selain menyumbang pada khasanah ilmu pengetahuan, penemuan baru itu memiliki dampak ekonomi cukup besar. "Khususnya bagi nelayan di Indonesia bagian timur. Lumpuhnya perikanan hiu dapat menimbulkan efek ekonomi dan sosial yang parah di sebagian besar kampung nelayan di seluruh kawasan timur Indonesia," paparnya. Ikan hiu memang sangat bernilai ekonomis. Sekilo sirip ikan hiu, misalnya, berharga lebih dari Rp 400 ribu. Tak heran, populasi ikan hiu makin langka. lha

Sumber: Republika
Sabtu, 24 Agustus 2002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Copyright  2002  O-FISH. All Rights Reserved

 

1