MEDIA INFORMASI IKAN HIAS DAN TANAMAN AIR
Pastikan Aquarium Anda Indah dan Sehat
 
koleksi hobiis
profil hobiis
online store  
 

 

   

 

 
TEMPERATUR AIR
Secara umum ikan telah beradaptasi untuk hidup pada kisaran suhu tertentu. Kisaran ini bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya. Meskipun beberapa spesies dapat mentolerir perbedaan lintang tertentu, sehingga, misalnya, memungkinkan ikan-ikan daerah tropis yang memiliki persyaratan hidup berbeda digabungkan dalam satu akuarium, akan tetapi pengawasan ekstra hati-hati tetap diperlukan. Suhu rendah dibawah normal dapat menyebabkan ikan mengalami lethargi, kehilangan nafsu makan, dan menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Ikan jangan dibiarkan berada dalam suhu yang terlalu dingin hanya karena alasan untuk menghemat listrik. Apabila seorang akuaris tidak dapat merawat ikan dengan baik, maka sebaiknya ia tidak usah merawat ikan sama sekali. ¨Sebaliknya pada suhu yang terlalu tinggi ikan dapat mengalami stress pernapasan dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan insang permanen.

Peningkatan suhu kadang-kadang diperlukan untuk meningkatkan laju metabolisma ikan sehingga perlakuan tersebut diharapkan dapat menolong mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit, dan atau mempercepat siklus hidup suatu parasit sehingga parasit tersebut dapat segera dienyahkan. Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa semakin hangat air maka oksigen terlalut akan semakin sedikit, oleh karena itu intensitas aerasi perlu ditingkatkan.

Perubahan suhu mendadak dapat menyebabkan ikan mengalami "shock". Hal ini kerap terjadi terutama pada saat memasukan ikan baru kedalam suatu akuarium dimana usaha penyesuaian suhu tidak dilakukan dengan baik, atau pada saat menambahkan air baru yang memiliki temperatur tidak sama.

Penurunan suhu secara perlahan, seperti terjadi apabila heater tidak berfungsi, jarang menimbulkan shock, meskipun demikian temperatur hendaknya dikembalikan ke kondisi semula secara perlahan-lahan dalam waktu satu jam atau lebih.

Dalam kasus temperatur terlalu panas, seperti akibat termostat yang tidak berfungsi dengan baik, maka intentsitas aerasi hendaknya ditingkatkan untuk mengkompensasi kadar oksigen terlarut yang rendah, dan biarkan temperatur akuarium dingin secara alami. Apabila suhu meningkat sampai melebihi 32°C, dan apabila ikan masih bertahan hidup, maka penggantian air sebanyak 20% dengan air dingin bisa dilakukan. Pengembalian air hendaknya dilakuakan secara perlahan dengan cera disiphon plus peningkatan aerasi.

 
Penyesuaian Suhu

Suhu dapat diturunkan atau ditingkatkan sesauai dengan kebutuhuan dengan menggunakan perangkat tertentu. Untuk meningkatkan suhu dapat digunakan heater yang telah dirancang secara khusus untuk akuarium. Heater hendaknya selalu terendam air , heater yang terekspos ke udara terbuka secara tidak sengaja seperti pada saat penggantian air dapat menyebabkan kerusakan fatal pada heater tersebut, dan bahkan bisa menimbulkan shock listrik. Untuk itu matikan heater sebelum melakukan penggantian air atau sebelum melakukan kegiatan apapun yang menyebabkan terjadinya penurunan ketinggian air akuarium.

Untuk menurunkan suhu air dan mempertahanakannya pada suhu rendah, seperti untuk keperluan akuarium tanaman dan koral, dapat digunakan chiller. Chiller merupakan alat yang akan menyerap panas dari air dan memembebaskannya ke udara. Prinsip kerjanya kurang lebih sama dengan prinsip kerja alat pendingin ruangan atau lemari pendingin.

 
Gambar 1. Chiller
Gambar 2. Heater
 

Tabel 1.
Pedoman umum pemilihan Heater berdasarkan suhu ruangan rata-rata dan volume akuarium

Volume akuarium (liter) Suhu ruangan hangat  Suhu ruangan dingin
40  50W 50W
65  75W 75W
80  75W 100W
120 100W 150W
160 150W 175W
220  175W 250W
260  200W 250W
300  250W 300W
400 300W 400W
 

Baik heater maupun chiller hendaknya digunakan sesuai dengan kapasitasnya. Banyak pilihan yang dirancang sesuai dengan volume air akuarium tertentu. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

 
Gambar3.
Beberapa Jenis Termometerr Akuarium
 
Untuk mengukur temperatur digunakan termomter khusus akuarium, berbagai model tersedia di toko perlengkapan akuarium

  

 

Kecuali disebutkan dengan jelas, seluruh tulisan, gambar, ilustrasi dan foto pada situs web ini dibuat oleh Wahyu Purwakusuma. Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi situs ini dalam bentuk maupun media apapun tanpa ijin tertulis dari O-Fish.com